Sebaik manapun sesuatu makanan itu, ia tetap akan memudaratkan kesihatan jika diambil secara "berlebihan" - Dr Andrew Weil

Tuesday, June 4, 2013

DISEBALIK SECAWAN KOPI...




Malam ini , membawa anak ke klinik panel kerana anak sakit telinga. Sambil  menunggu giliran, lalu terbaca artikel di dalam majalah InfoMed (April 2013). Salah satunya mengenai khasiat kopi (kafein). Dan sememangnya saya telah membiasakan diri minum kopi sejak sebulan dua yang lalu. Lalu ia  amat menarik perhatian saya yang gemar 'search' sebarang ilmu baru yang bermenafaat. Kita terus saja ke point yang utama...


Kopi, produk dari buahan berri , adalah kaya dengan antioksida. Kita  mungkin makan hanya sedikit sayur dan buah-buahan, tetapi minum kopi dengan banyak. Ianya adalah penyumbang antioksida yang utama dalam diet kita.Kopi mengandungi antioksida 4 kali lebih banyak dari teh hijau dan lebih antioksida daripada wain merah.

Berikut adalah khasiat minum kopi yang baik untuk kesihatan tubuh kita:

1)Khasiat  kopi dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit stroke, ini kerana kopi mengandung antioksida yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Dan untuk peminum kopi hitam sebanyak 1 sampai 2 gelas sehari ,mempunyai risiko diserang penyakit stroke lebih rendah dibandingkan bagi mereka yang tidak meminum kopi.

2) Kopi dapat meningkatkan prestasi  otak.
Menurut studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Journal Human Psychopharmacology, disebutkan apabila meminum kopi dengan gula dapat meningkatkan  efisiensi prestasi  otak dan membantu memperpanjang daya tahan perhatian dan fokus pada seseorang.

3) Kopi dapat mencegah batu hempedu
.
Berdasarkan peneliti Harvard di tahun 2002, apabila wanita meminum kopi setidak-tidaknya empat cawan  kopi sehari mempunyai isiko 25 persen lebih rendah diserang batu hempedu. Penelitian sebelumnya pun menemukan hasil ini bermanfaat juga bagi kaum laki-laki.

4)Kopi dapat mengurangi risiko diserang kanser kulit.
Ini berdasarkan studi yang dilakukan Harvard Medical School, bahwa kandungan kafein yang tinggi dalam kopi yang diminum seseorang, maka pengembangan sel bisul carcinoma (kanser)  pun lebih rendah, sel ini adalah sel yang menyebabkan kanser kulit.

5) Kopi dapat membantu merendahkan  risiko penyakit parkinson. Berdasarkan sebuah tulisan dari Mayo Clinic, kafein yang terkandung didalam kopi dapat membantu merendahkan  isiko diserang penyakit parkinson.

6 )Kopi dapat mencegah penyakit diabetes,
ini kerana kopi mengandung asid klorogenik, dan ini sangat berperanan aktif dalam memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asid klorogenik juga berfungsi untuk merangsang pembentukan GLP-1, ini adalah zat kimia yang dapat meningkatkan hormon insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain yang terdapat dalam kopi adalah trigobelin (pro vitamin B3), zat ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa.

6)Khasiat minum kopi dapat mengurangi risiko diserang kanser kolon. Berdasarkan penelitian terhadap 49 ribu lelaki  dan wanita dan juga menurut American Journal of Clinical Nutrition, kopi bersifat menekan tumor proximal yang identik dengan kanser kolon.

7) Kopi dapat mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Berdasarkan studi di tahun 2009 di Universiti Illinois,bahwa satu cawan  kopi sebelum berolahraga, tidak hanya memberikan energi ke dalam tubuh kita, tetapi kopi juga membunuh beberapa penyakit atletik yang biasa dialami saat berolah raga.

8)Kopi dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer,
meminum kopi dapat menunda atau bahkan menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer. Menurut sudi yang diketuai  oleh Dr Chuanhai Cao dari Universiti South Florida, disebutkan bahwa kelompok paruh baya dengan tanda gangguan memori ringan dan rutin meminum kopi sampai tiga cawan  dalam sehari, tidak akan masuk dalam tahap Alzheimer, atau paling tidak mengalami penundaan yang signifikan.

9)Kopi dapat meningkatkan metabolisme, ini kerana kopi mengandung kafein. Dan menurut sebuah studi pada tahun 1980 kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang metabolisme. Kopi juga dapat membantu untuk mempertahankan berat badan.

10Kopi, selain untuk kesihatan. Khasiat minum kopi juga sangat baik untuk merawat kecantikan khusunya bagi kaum wanita. Khasiat minum kopi dapat meneutralkan kulit yang teriritasi, memberi nutrisi dalam kulit, menghilangkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati ataupun menghilangkan bau badan.



Dan itulah tadi cerita tentang khasiat minum kopi. Tapi kembali lagi khasiat minum kopi akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya secara teratur, apabila kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan tentunya hasil  negatif lah yang kita dapatkan. Meminum kopi juga perlu diimbangi dengan meminum air putih sebanyak lebih kurang  lapan gelas se hari. Semoga tulisan khasiat minum kopi ini bermanfaat untuk semua pembacanya.


sumber: www.berkhasiat.com

No comments:

Post a Comment